Slider

Video

Destination

News

Kuliner

Event

Culture

Gallery

» » » Memanfaatkan Kondisi Geografis Demi Membangun Kubu Raya Lebih Maju

Kabupaten Kubu Raya merupakan salah satu daerah yang memiliki kondisi geografis daratan dan pulau-pulau. Jika kita lihat pada gambar peta disamping, tampak jelas bahwa Kabupaten Kubu Raya disebelah barat berbatasan langsung dengan laut dimana terdapat juga sungai-sungai yang membelah wilayah Kubu Raya menjadi beberapa bagian. Oleh karena itu, ada beberapa daerah kecamatan yang mengandalkan jalur air sebagai alat transportasi utamanya antara lain: Kecamatan Kubu, Kecamatan Terentang, Kecamatan Teluk Pakedai, dan Kecamatan Batu Ampar.
Sedangkan untuk kondisi iklim, Kubu Raya masuk dalam Iklim Tipe A (Schmit & Ferguson). Ini berarti iklim di wilayah Kabupaten Kubu Raya sangat basah dengan curah hujan bulanan diatas 100 mm dengan total curah hujan tahunan rata-rata berkisar 3000 mm. Suhu rata-rata maksimum 33,40 C, terjadi pada bulan mei dan suhu minimum rata-rata 22,50 C, terjadi pada bulan Agustus. Kondisi iklim seperti ini sangat menunjang pembangunan dibidang pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Hutan Karet di Desa Empening Kecamatan Terentang
Selain itu, terkait dengan kondisi geografis wilayah Kubu Raya yang memiliki beberapa pulau-pulau besar maka seharusnya disini pihak Pemerintah Daerah dapat mengembangkan bidang perikanan dan pariwisata khususnya wisata bahari sebagai salah satu upaya memperkenalkan potensi alam Kabupaten Kubu Raya ke seluruh penjuru nusantara maupun dunia.
Keramba Ikan di Sungai Raya
Jadi kesimpulannya disini adalah jika dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten di Kalimantan Barat lainnya, Kabupaten Kubu Raya memiliki beberapa kelebihan dari segi kondisi geografis. Sekarang tinggal bagaimana caranya kelebihan-kelebihan tersebut dapat diberdayakan secara optimal sehingga slogan Berlari Lebih Kencang Berproses Lebih Cepatdapat segera terwujud. Aminnn…

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comments: