Slider

Video

Destination

News

Kuliner

Event

Culture

Gallery

» » » Melihat Potensi Wisata Bahari di Kabupaten Kubu Raya

Jika kita berbicara mengenai obyek wisata apa yang ada di Kabupaten Kubu Raya, sepertinya belum ada satu referensi pun yang menjelaskan secara rinci mengenai itu. Padahal kalau dilihat secara geografis, wilayah Kubu Raya seharusnya memiliki lokasi-lokasi yang berpotensi untuk dapat dijadikan obyek wisata. Oke, mungkin ada pihak-pihak yang menyatakan bahwa sekarang Kubu Raya telah memiliki Taman Fantasia di kawasan Sungai Raya, Wisata Agro di kawasan Punggur, dan lain sebagainya. Akan tetapi, menurut pandangan saya lokasi-lokasi wisata tersebut belum dikelola secara profesional sehingga masih banyak orang yang belum tahu mengenai keberadaan lokasi tersebut.
Dari beberapa referensi yang saya baca, ternyata di Kabupaten Kubu Raya memiliki lokasi-lokasi yang dapat dijadikan obyek wisata bahari. Dua lokasi diantaranya yaitu: Tanjung Saleh dan Batu Ampar. Tanjung Saleh Kecamatan Sungai Kakap
Meskipun belum diakui sebagai sebuah tempat wisata pemancingan, namun setiap hari Minggu atau hari libur tempat ini selalu ramai didatangi oleh para pemancing-pemancing dari kota Pontianak dan sekitarnya. Lokasi yang berada di kawasan muara sungai Desa Tanjung Saleh Kecamatan Sungai Kakap tersebut sebenarnya memiliki potensi wisata bahari jika dikembangkan secara maksimal. Untuk saat ini, minimnya sarana dan prasarana menuju lokasi menyebabkan para pengunjung harus menyewa sebuah perahu kecil menuju kesana. Tentunya hal ini akan sedikit menghambat pengembangan wilayah tersebut yang sesungguhnya disitu terdapat potensi wisata yang bisa dikembangkan.

Potensi Wisata Bahari di Desa Tanjung Saleh
Kecamatan Batu Ampar
Batu Ampar yang dikenal sebagai salah satu kecamatan di Kabupaten Kubu Raya, memiliki potensi wisata bahari letak geografisnya berada di muara laut. Dari sini dapat dilihat pemandangan yang sangat mengaggumkan, terlebih jika dinikmati pada pagi atau sore hari karena kita akan menyaksikan hamparan pulau disekelilingnya yang cukup menawan. Untuk menuju daerah ini dapat menggunakan transportasi air seperti speed boat dari pelabuhan rasau jaya dengan jarak tempuh selama sekitar 1 jam 30 menit hingga 2 jam perjalanan.

Potensi Wisata Bahari di Batu Ampar
Bagi para pemancing mania dapat juga melakukan pemancingan di Desa Padu Empat, Kecamatan Batu Ampar karena di lokasi ini masih banyak terdapat ikan air tawar beragam jenis. Hampir setiap bulan banyak pemancing yang ingin menguji keberuntungan mereka dan menikmati panorama alam yang masih alami karena disepanjang sungainya ditumbuhi hutan dengan pohon-pohon yang cukup besar.
Nah, setelah membaca tulisan singkat saya ini pasti para pembaca merasa penasaran untuk mencoba sensasi memancing di dua lokasi tersebut bukan?. Meskipun kedua lokasi tersebut belum digarap secara maksimal, namun saya yakin keindahan dan eksotisme alam yang dimiliki mampu membuat para pengunjung tidak akan pernah merasa menyesal karena telah datang kesana. Jadi, ditunggu kunjungannya yach… 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply